Kepiting Air Tawar (Parathelphusa convexa)


TAKSONOMI

Kingdom   : Animalia
Phylum     : Arthropoda
Class        : Crustacea
Ordo         : Decapoda
Family       : Parathelphusidae
Genus       : Parathelphusa
Spesies     : Parathelphusa convexa

MORFOLOGI

Kepiting air tawar memiliki 5 pasang kaki, sepasang kaki depan berfungsi sebagai pencapit, dan 4 pasang lainnya berfungsi untuk berjalan.  Kepting air tawar memiliki ukuran panjang karapaksnya 5-7 cm . Karapaks  atau cangkang  memiliki tanda garis berubang yang cukup jelas yang terdapat di tengah-tengah karapaknya di antara mata  (tanda sentring). Karapak bagian bawah terdapat cetakan berupa trapezium (tanda trapesium). Berbeda dengan kepiting laut yang memiliki kaki paling belakang berbentuk pipih, pada jenis ini semua kaki jalan berbentuk lancip. Pada bagian abdomennya tidak tampak karena melipat kebagian dadanya. Tubuhnya berwarna coklat hingga keunguan pada bagian dorsalnya serta memiliki rostrum yang datar dan bergerigi.

Keterangan: 1) kaki jalan ke-4, 2) kaki jalan ke-3, 3) kaki jalan ke-2, 4) kaki jalan ke-1,
 5) capit, 6)karapaks, 7)mata, 8)mulut, 9) abdomen betina lebar, 
10) abdomen jantan kecil dan memanjang, 11) propondus/capit jantan lebih besar
HABITAT
Habitatnya di daerah sungai, rawa, bendungan dan persawahan yang berlumpur. Menyukai tempat yang banyak terdapat makanan berupa material-material organik.

PERILAKU
Perilaku kepiting air tawar yaitu kebiasaan pergantian kulit (molting) yang dilakukan beberapa kali dalam siklus hidupnya, pergantian kulit dilakukan untuk proses pertumbuhan. Selain itu kebiasaannya yaitu aktif pada malam hari (nocturnal), kepiting air tawar keluar dari persembunyiannya pada malam hari untuk mencari makan dan berkembang biak. kepiting air tawar juga senang membuat lubang persembunyian dipinggir sungai atau dipematang sawah yang berlumpur.
Perilaku kepiting air tawar yang sedang molting
Perilaku kawin kepiting air tawar yakni berkembang biak dengan bertelur. Jantan menaiki betinanya dari depan  ketika sang betina sedang bertelur sehingga sperma sang jantan disemprotkan yang kemudian membuahi telur-telur yang terdapat di dalam tempat penyimpanan telur sang betina. Setelah beberapa hari telur menetas dan tetap berkumpul di dalam lubang tempat telur betina sampai anak-anakkepiting air tawar sudah akan besar, baru sang induk mengusir anak-anaknya itu untuk menjauhinya agar pergi mencari makan sendiri-sendiri.

SIKLUS HIDUP

MANFAAT EKOLOGI
Manfaat ekologi kepiting air tawar ini yaitu berperan  dalam rantai makanan terutama sebagai pemakan zat-zat organik yang ada diperairan. Serta dapat memakan bahan–bahan tersuspensi (filter feeder). Sehingga sangat berperan penting untuk keseimbangan ekosistem.


Comments